Aku dan Personal Brandingku

Hai semua, tak terasa waktu berlalu dan jumpa lagi dalam Aksara Surya.

Teman-teman, masih asing kah istilah personal branding untuk kalian? 
Jika jawabannya adalah Ya, sepertinya kalian cocok membaca artikel yang akan membahas sedikit tentang personal branding ini. Nah, Surya kali ini ingin menyampaikan sebagian kecil dari personal branding.

*Menurut teman ngobrol

"Personal branding itu sesuatu yang melekat pada diri seseorang yang menjadikan diri itu lebih disukai dan lebih menarik bagi lawan bicaranya"
"Personal branding itu gak harus mengikuti gaya formal, bahkan seorang CEO saja gak harus berpenampilan dengan pakaian jas dsb., justru keunikan berbusana yang konsisten itu menjadi ciri khas dia dan menonjolkan bahwa itu lah personal branding dia"
"Contohnya berpakaian kaos polos dan jam tangan satu warna, pakai itu terus meskipun di acara semiformal"

Nah teman-teman, sudah bisa kah kalian mengambil ilmu dari beberapa kalimat di atas?

Aku awalnya berpikir bahwa personal branding itu harus menampakkan diri yang profesional dan formal baik di media sosial maupun saat interaksi sosial. Ternyata, pikiranku itu tampaknya terkesan sempit ya? 

Aku pun sebelumnya berpikir bahwa setiap perusahaan membutuhkan calon tenaga kerja yang formal dan rapi, ternyata dari pengalaman yang kudapat dari pelatihan persiapan karir hal demikian itu kurang tepat. Tahu apa alasannya? 

Perusahaan pun harus kita ketahui seperti apa sih kriteria calon tenaga kerja yang diharapkan? Pemiliknya apakah menyukai gaya hidup anak muda atau tidak? Perusahaannya mengharuskan berpakaian formal atau justru boleh berrambut gondrong?

Nah teman-teman, sebaiknya ketahuilah jati diri kalian, punya passion dan ketertarikan dalam hal apakah diri kita ini? Usai kita tahu hal itu, langkah selanjutnya perbaikilah branding kita sesuai dengan itu semua. Soal karir bagaimana? Sesuaikanlah dengan branding dirimu, kenapa? 

Ketika kita melamar pekerjaan maka sebaiknya kita perlu memperbaiki media sosial kita atau apa saja yang akan berkaitan pada aspek yang menampakkan pribadi kita. Kalau kita hanya asal melamar pekerjaan, bisa jadi pekerjaan yang kita asal lamar itu tidak sesuai/tidak mencocoki dengan personal branding kita.

Oh iya, kenapa sih Surya mengajak kalian untuk membentuk branding kalian sejak awal? Alasannya adalah your self is more important than everything (diri kalian itu lebih penting daripada segalanya), trust that who is want to makes their personal branding before choose a career - they will be find career likes they want (percaya bahwa siapa yang mau membuat personal branding mereka sebelum berkarir - mereka akan menemukan karir seperti apa yang mereka inginkan). Semoga Allah meridhoi. Aamiiin.

Mulailah yakinkan diri kita bahwa kita bisa mampu mencapai pada karir yang sesuai dengan bakat dan minat serta jati diri masing-masing agar memudahkan kita bisa bertahan dan betah serta cinta pada nikmat rezeki yang telah Allah berikan kepada kita. Semoga Allah menghendaki. Aamiiin.

Terima kasih semua...
Maaf yaa jika tulisan ini tidak sesuai dengan hati teman-teman.

Semoga bermanfaat

#aksarasurya
Ingin berdiskusi dengan Surya? Gabung grup obrolan di Whatsapp yuk klik:

Komentar

Postingan Populer