PEJUANG KARIR

Sumber gambar: www.urbanhire.com

Pripun kabare? Kumaha kabarna? Hai... semua...

Ngomong-ngomong tentang karir, siapa sih yang tahu makna asli dari karir?

Simak pengertian berikut yang dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia online:
____________________________________________

Pranala (link): https://kbbi.web.id/karier.html

ka·ri·er /kariรฉr/ n 1 perkembangan dan kemajuan dalam kehidupan, pekerjaan, jabatan, dan sebagainya: ia seorang eksekutif muda yang sedang menanjak -- nya2 pekerjaan yang memberikan harapan untuk maju: bagaimanapun kita mempunyai -- yang harus kita perhatikan pula;

ber·ka·ri·er v bekerja untuk mengembangkan karier: akhir-akhir ini ternyata makin banyak wanita yang tetap ~ , walaupun sudah menikah
____________________________________________

Kalau kita pada umumnya mengenal kata karir dengan makna sebagai pekerjaan, bekerja, usaha, menjadi pengusaha, dsb. 

Menurut Gati dan Letvin (2014) dalam karya tulis Aqmarina et al. (2017)* dinyatakan bahwa beberapa faktor yang menyebabkan remaja kesulitan dalam mengambil keputusan karir di antaranya kurang persiapan, kurang informasi, dan kesulitan penggunaan informasi.

Semoga kita bisa memahami alasan mengapa belajar berjuang mencari karir yang sesuai dengan diri kita itu penting. Bukan sekadar perkara biasa yang bisa dikesampingkan. Karir baik sebagai tenaga kerja di perusahaan atau korporasi lainnya maupun menjadi pengusaha/pemilik dari usaha, keduanya tetap perlu suatu perjuangan. 

Jadi, gambarannya seperti sebuah puncak gunung yang dicita-citakan dapat dicapai oleh pendaki gunung. Mungkin hanya ada satu rute perjalanan yang bisa ditempuh untuk mencapai puncak itu, namun ada juga mungkin jalan lain yang para pendaki tidak mengetahui rutenya sebab dimungkinkan sampai ke puncak membutuhkan waktu yang lebih panjang. Tapi, apakah benar jika jalan-jalan itu tidak sama baiknya? Belum dicoba, memang butuh usaha untuk bersabar jika memang ada jalan yang lebih jauh untuk ditempuh, namun intinya adalah sama yaitu sampai pada puncak gunung. 

Teman-teman Aksara Surya, dalam tulisan ini Surya ingin mengajak kepada teman-teman untuk yakin dan percaya bahwa takdir karir kita telah ditetapkan yang terbaik oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Terbaik menurut-Nya memang terkadang tidak sesuai dengan cita-cita atau harapan, namun yakinkan diri bahwa kita bisa menerima dan cinta serta ikhlas pada takdir itu. Jangan minder sebab teman kita ada yang mendapatkan puncak karirnya lebih awal daripada kita, sebab yang terpenting adalah kita rencanakan yang terbaik lakukan yang terbaik dan sesuai kemampuan kita hingga hasil capaian juga baik dan bisa sampai pada puncak karir meskipun tidak sesingkat teman kita tersebut. 

Hai para pejuang karir, jangan banyak ragu. Tetapkan cita-citamu, terus rencanakan, lakukan rencanamu, bersabar, gagal? Terima dan bangkit diiringi evaluasi hasil kerja, jangan lupa bersyukur kepada Tuhan atas nikmat dari-Nya. Cintailah apa-apa yang telah Tuhan beri nikmat kepada kita, yakin bahwa tugas kita mencintai takdir dan bukan kesal bahkan benci pada takdir yang Tuhan tetapkan. 

Terima kasih ๐Ÿ˜Š.
Jangan lupa berbagi artikel ini jika artikel ini bermanfaat untuk kalian. ๐Ÿ™‚

Gabung juga untuk QnA dengan Surya dan rekan di Whatsapp chat ๐Ÿ‘‡

#karir #pejuangkarir #syukurikarirmu #nikmatberkarir

*Aqmarina FN, Sahrani R, Hastuti R. 2017. Konseling karir dengan menggunakan Career Information-Processing Model untuk membantu Career Decision-Making.  Jurnal Ilmiah Psikologi. 4(1):21-34.

Komentar

Postingan Populer